Efikasi Diri Mahasiswa STAB Kertarajasa dalam Dhammadesanā menggunakan Bahasa Pāli
Main Article Content
Abstract
Efikasi diri ialah sebuah keyakinan diri seseorang mengenai kemampuan dirinya dalam melakukan tugas atau
tindakan yang diperlukan guna mencapai hasil tertentu. Efikasi diri sangat berperan penting dalam memengaruhi
individu ketika melakukan tindakan yang akan dilakukan untuk mencapai tujuan. Ketika dhammadesana,
mahasiswa STAB Kertarajasa samanera atthasilani sangat memerlukan sebuah efikasi diri yang tinggi pada
tugasnya tersebut. Apalagi dhammadesana tidak terlepas dari bahasa kitab suci yaitu bahasa Pāli, sehingga perlu
adanya penggunaan bahasa Pāli seperti contohnya pengutipan dari sutta-sutta, syair-syair dhammapada dan lain
sebagainya. Efikasi diri dalam dhammadesana dapat didukung oleh faktor-faktor diantaranya yaitu penguasaan
materi, memiliki pengalaman dalam berdhammadesana, serta mengikuti Public Speaking Traning. Efikasi diri
seseorang dapat tumbuh melalui proses dari pengaruh faktor internal maupun faktor eksternal individu. Metode
penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengambilan sampel menggunakan
purposive sampling.
Downloads
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Fitriani; dan Abas Rudin. 2020. Faktor-Faktor Penyebab Rendahnya Efikasi Diri Siswa. Jurnal Bening. Vol. 4. No. 2. Hal 1-8.
Ghufron, M Nur; dan Rini Risnawita. 2021. Teori-Teori Psikologi. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Moeloeng, Lexi J. 2007. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Rustika, I Made. 2012. Efikasi Diri: Tinjauan Teori Albert Bandura. Buletin Psikologi. Vol. 20. No. 1-2. Hal: 18-25.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Susanto, Gimin Edi. 2009. Kamus Bahasa Pāli (Bahasa Pāli, Inggris, Indonesia). Jakarta: Yanwreko Wahana Karya.
Sadewi, Aulia Ika, dkk. 2012. Meningkatkan Self Efficacy Pelajaran Matematika Melalui Layanan Penguasaan Konten Teknik Modeling Simbolik. Indonesian Journal Of Guidance and Counding. Vol. 1. No. 2. Hal: 8-12.
The, Hery Yanto, dan Latifah. 2018. Pembelajaran dengan Pengalaman Langsung dan Efikasi Diri Mahasiswa Dalam Menulis Karya lmiah. Metalingua. Vol. 16 No. 2, Desember 2018: 201-210.
Yapono, Farid. dan Suharnan. 2013. Konsep Diri, Kecerdasan Emosi, dan Efikasi Diri. STKIP Gontoroyong Masohi: Maluku Tengah.