Pengembangan Produksi Roti Jaya Bakery Homemade Di Dusun Jeding

Main Article Content

Alfina Mudita Rahmasari
Annatasya Wandami Gotami
Yunita Cintiawati
Herman

Abstract

Industri roti Indonesia berkembang pesat, dari toko roti rumahan hingga toko ritel, dan waralaba internasional bersaing ketat untuk mendapatkan pelanggan. Di Indonesia, roti merupakan makanan olahan yang umum dikonsumsi. Roti Boy adalah salah satu merek roti yang lebih terkenal di penggunaan umum. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian triangulasi melalui instrumen penelitian, seperti wawancara, observasi, dan dokumentasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membantu UMKM dalam negeri sebagai perusahaan yang bergerak di bidang industri makanan khususnya produksi roti dan kue agar dapat bersaing dengan produsen barang tersebut. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa pengembangan  penggunaan bahan produksi roti Boy dan pengemasan produk. Namun, UMKM Jaya Bakery belum menggunakan bahan roti dan pengemasan yang memiliki standar premium. Hambatan yang dialami UMKM Jaya Bakery dalam pembuatan roti salah satunya adalah suhu cuaca yang sulit diprediksi. Jika suhunya tidak ideal, produk jadi tidak akan terasa seperti yang diinginkan pelanggan. Sang Buddha menekankan bahwa salah satu cara untuk terbebas dari kesengsaraan hidup adalah dengan mengikuti empat kebenaran mulia (cattari ariya saccani) dan menjalani kehidupan yang benar (samma ajiva). Penghidupan benar disarankan sebagai jalan (magga) yang harus dikembangkan dalam sistematika Empat Kebenaran Mulia (S. 421-422). Saran dari peneliti untuk UMKM Jaya Bakery, membuat kemasan tambahan dalam berbagai ukuran untuk mengakomodasi varietas roti atau nomor pesanan yang berbeda, agar dapat menarik minat konsumen serta menjaga kualitas rasa produk.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Rahmasari, A. M., Gotami, A. W., Cintiawati, Y., & Herman. (2023). Pengembangan Produksi Roti Jaya Bakery Homemade Di Dusun Jeding. Jurnal Nyanadassana: Jurnal Penelitian Pendidikan, Sosial Dan Keagamaan, 2(1), 25–32. https://doi.org/10.59291/jnd.v2i1.28
Section
Articles

References

Blakely, E. J., & Ted, K. B. (2002). Planning Local Economic Development: Theory and Practice,second edition. London: Sage Publications.

Hamdun, E. K., & Romadhani, D. A. (2016). "Pengaruh Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Toko Roti Fatimah Bakery di Situbondo. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Growth, 31-48.

Kadir, A. (2012). Dasar- Dasar Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Kineta, K. J., Tanudjaja, B. B., & Salamoon, D. K. (2017). Perancangan Desain Kemasan Roti Varian Merk Borobudur di Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal DKV Adiwarna.

Kuncoro, M. (2004). Otonomi dan Pembangunan Daerah: Reformasi, Perencanaan, Strategi dan Peluang. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Lumintang , G., & J, R. J. (2015). Analisis Kualitas Produk Dan Kualitas Produk dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen pada Holland Bakery Boulevard Manado. Jurnal EMBA, 1291-1302.

Rangkuti, F. (2005). Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Sigalovada Sutta. (n.d.).

Soetardjo, S., Soekarti, M., & Almatsier, S. (2011). Gizi seimbang dalam daur kehidupan. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Sucipto, A. (2011). Studi Kelayakan Bisnis”Analisis Integratif dan Studi Kasus. Malang: UIN-Sugiyono . (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung : Alfabeta.

Susanto, Y. W. (2017). Pengaruh Inovasi Produk, Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian di Toko Roti dan Kue Ferissa Bantul Yogyakarta. Prodi Manajemen UPY.

Wijaya, T. (2018). Manajemen Kualitas Jasa. Jakarta: PT. Indeks.

William, Haudi, & Wijoyo, H. (2019). Manfaat Etika Dalam Berwirausaha Menurut Pandangan Buddhis . Jurnal Ilmu Agama dan Pendidikan Agama Buddha.

Maliki Press.