Teori dan Praktik Vipassanā Bhāvanā

Main Article Content

Pedi Kurniawan
Budi Utomo
Alberd Alberto Ardiansyah
Sriyana
Edi Prasetiyo

Abstract

Meditasi Vipassāna Bhāvāna merupakan praktik meditasi yang sangat penting dalam ajaran Buddha, namun seringkali disalahpahami. Artikel ini bertujuan untuk mengklarifikasi konsep dan praktik meditasi Vipassāna Bhāvāna. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kepustakaan untuk mengumpulkan data dari berbagai sumber perpustakaan. Pembahasan meliputi pengertian meditasi Vipassāna Bhāvāna, empat macam satipatthana, penghambat dalam praktik meditasi, dan langkah-langkah meditasi yang benar. Meditasi Vipassāna Bhāvāna bertujuan untuk memurnikan pikiran dari gangguan dan mencapai pemahaman penuh tentang ketidakkekalan, penderitaan, dan tanpa diri, yang merupakan landasan menuju pencerahan. Empat sattipathana meliputi perenungan terhadap tubuh, perasaan, pikiran, dan dhamma. Pentingnya pemahaman terhadap penghalang dalam meditasi juga dibahas, termasuk sepuluh macam Vipassanupakilesa dan empat Vipallasa-Dhamma. Artikel ini juga menyoroti langkah- langkah penting dalam praktik meditasi Vipassāna Bhāvāna, termasuk pemilihan tempat yang nyaman, perhatian pada napas, dan bimbingan guru meditasi. Dengan demikian, artikel ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang lebih baik tentang meditasi Vipassāna Bhāvāna dan menghindari kesalahpahaman yang sering terjadi.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Kurniawan, P., Utomo, B., Ardiansyah, A. A., Sriyana, & Prasetiyo, E. (2024). Teori dan Praktik Vipassanā Bhāvanā . Jurnal Nyanadassana: Jurnal Penelitian Pendidikan, Sosial Dan Keagamaan, 3(1), 43–52. https://doi.org/10.59291/jnd.v3i1.50
Section
Articles

References

D. (2009a). The long discourses of the Buddha : a translation of the Dīgha Nikāya. DhammaCitta Press.

D. (2009b). The long discourses of the Buddha : a translation of the Dīgha Nikāya. DhammaCitta Press.

Tullius, F. (1988). Vipassana Bhavana: Theory, Practice, & Result. Boonkanjanaram Meditation Center.

Harianto, A., Ismoyo, T., & Jinarakkhita Lampung, S. (2022). Apa Itu Vipassana Bhavana? ABIP: Jurnal Agama Buddha Dan Ilmu Pengetahuan, 08(1), 12–17. https://doi.org/10.53565/abip.v8i1.479

Ismoyo, T. (2020). KONSEP PENDIDIKAN DALAM PANDANGAN AGAMA BUDDHA. Jurnal Pendidikan Buddha Dan Isu Sosial Kontemporer, 2(1).

Mahatera, Ven. H. G. (1990). Meditasi dalam Kehidupan sehari-hari.

Mahathera, P. V. (2010). Buddhist Meditation in Theory and Practice.

M.I. (2017). Majjhima Nikāya Khotbah-khotbah Menengah Sang Buddha. https://doi.org/10.1007/978-94-024-0852-2_267

Mujiyanto, Bawono, B., Wandi, & Jovini. (2023). PARENTING PATTERNS INFLUENCE ON CHILDREN’S DEVELOPMENT FROM A BUDDHIST PERSPECTIVE. JOURNAL OF INTERNATIONAL BUDDHIST STUDIES, 14(2), 151–159.

Mulia, Y., & Sayādaw, M. (2008). Dasar-Dasar Meditasi Vipassanā. February 2002.

Namto, A. S. S. (1989). Insight Meditation: Practical Steps to Ultimate Truth. Vipassana Dhura Meditation Society.

Sedlmeier, P., Beckel, A., Conrad, S., Husmann, J., Kullrich, L., Lange, R., Müller, A. L., Neumann, A., Schaaf, T., Schaub, A., Tränkner, A., & Witzel, B. (2023). Mindfulness Meditation According to the Satipatthana Sutta: A Single-Case Study With Participants as Collaborators. Mindfulness, 14(7), 1636–1649. https://doi.org/10.1007/s12671-023-02160-1

Hanh, T. N. (1990). Transformation and Healing: The Sutra on the Four Establishments of Mindfulness. Parallax Press Berkeley.