Perilaku Akademis Mahasiswa dalam Perspektif Buddhis: Studi Kasus di STAB Syailendra
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini menganalisis perilaku akademis mahasiswa STAB Syailendra menggunakan metode studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi dari tujuh mahasiswa dan satu dosen. hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku akademis mahasiswa mencakup keaktifan di kelas, manajemen waktu, kerja sama, serta pengelolaan stres dan motivasi, yang didukung oleh empat kekuatan batin (iddhipāda) dalam ajaran Buddha. Penelitian ini merekomendasikan penguatan iddhipāda dan nilai-nilai Buddhis lainnya untuk meningkatkan kualitas akademik mahasiswa.
Downloads
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Abroto, Maemonah, & Ayu, N. P. (2021). Pengaruh Metode Blended Learning Dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 1993–2000 https://www.edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/703
Bodhi. (2000). The Connected Discourses of the Buddha A Translation of the Samyutta Nikāya. Boston: Wisdom Publications.
Bodhi. (2012). The Numerical Discourses of the Buddha A Translation of the Aṅguttara Nikāya. Boston: Wisdom Publications
Laoli, J. K. (2021). Upaya Peningkatan Hasil Belajar dan Motivasi Belajar Mahasiswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Pada Matakuliah Perkembangan Peserta Didik Jonisman. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(2), 1034–1040
Nazayanti, M. Thamrin, Purwanti. (2014). Peningkatan kemampuan bekerjasama melalui kegiatan bermain balok pada anak Usia 4 – 5 tahun di PAUD. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 3(9)
Premasiri.P.D (2020). The Concept of Sīla in Theravada Buddhist Ethics. Journal of Humanities and Social Sciences, 3 (1)
Sukodoyo., Gustriya, W., Kho, T., Willis, R., Setyaningsih., Suranto., Kustiani., & Parsioyono. (2021). Panduan Akademik. Semarang; STAB Syailendra.
Syah M. (2008). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Untarti, R & Kusuma, A. B. (2018). Meningkatkan Partisipsi Aktif Mahasiswa melalui Lesson Study pada Mata Kuliah Geometri Uang. Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA 9(1) https://jurnal.untan.ac.id/index.php/PMP/article/view/23693
Zahraini. 2014. Kinerja Dosen Dalam Meningkatkan Kemampuan Akademik (Hard Skill) dan Penguasaan Keterampilan (Soft Skill) Pada Mahasiswa PKK FKIP UNSYIAH. Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA XIV (2), 350 https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/didaktika/article/view/507