Evaluasi Pelaksanaan Program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Terhadap Hasil Penilaian Program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL)

Main Article Content

Sella Farwati
Wina Dhamayanti
Adji Sastrosupadi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon mahasiswa STAB Kertarajasa terhadap hasil Program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Buddha (STAB) Kertarajasa tahun 2023/2024 semester VII. Penelitian ini digunakan pendekatan kuantitatif. Populasi yang ada di semester VII tahun akademik 2023/2024 dengan jumlah 26 dan ukuran sampel yang digunakan sebanyak 26 mahasiswa. Mahasiswa yang dijadikan sebagai responden ini sudah melaksanakan PPL. Hasil percobaan menunjukan keragaan (performance) hasil Program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) terhadap lima indikator, yaitu NPM berada pada kategori sangat baik dengan persen capaian 82% dari yang diharapkan (100%), NLBS berada pada kategori baik dengan persen capaian 77,4% dari yang diharapkan (100%), NPS berada pada kategori baik dengan persen capaian 81% dari yang diharapkan (100%), NSP berada pada kategori sangat baik dengan persen capaian 83,3% dari yang diharapkan (100%), dan NSS berada pada kategori sangat baik dengan persen capaian 89,10% dari yang diharapkan (100%). Berdasarkan Uji Korelasi, maka terdapat hasil yang menunjukan hubungan positif korelasi antara hubungan nilai akhir PPL dengan lima indikator, dimana kelima indikator ini menujukan hubungan positif. Dengan demikian pelaksanaan penelitian ini dianggap berada pada titik yang efektif untuk digunakan dan dilanjutkan sebagai evaluasi program lanjutan untuk menilai sejauh mana kefektifan dari pelaksanaan PPL bagi mahasiswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Farwati, S., Dhamayanti, W., & Sastrosupadi, A. (2024). Evaluasi Pelaksanaan Program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Terhadap Hasil Penilaian Program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL). Jurnal Nyanadassana: Jurnal Penelitian Pendidikan, Sosial Dan Keagamaan, 3(2), 78–91. https://doi.org/10.59291/jnd.v3i2.64
Section
Articles

References

Abdullah Faris, F. (2018). Implementasi Praktik Pengalaman Lapangan (Ppl) Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Fkip Universitas Islam Lamongan. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 7(PPL), 1–9.

Azwar, B., Syahindra, W., & Widyastuti, R. (2020). Evaluasi Praktik Pengalaman Lapangan Terhadap Dampak Penyelesaian Skripsi Mahasiswa IAIN Curup. Tadbir: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 4(2), 215. Https://Doi.Org/10.29240/Jsmp.V4i2.1226

Baderiah, D. (2022). Pengertian Pendidikan (Vol. 4).

Bamualim, M. (2020). Kedudukan Dan Tujuan Evaluasi Pembelajaran Bahasa Arab. Jurnal Pendidikan Bahasa Arap, 1–19.

Djamil, S. M. (2022). Keterampilan Memberikan Variasi Mengajar Mahasiswa Ppl Prodi Pendahuluan. 1(20), 608–617.

Hamim, A. H., Muhidin, M., & Ruswandi, U. (2022). Pengertian, Landasan, Tujuan Dan Kedudukan PAI Dalam Sistem Pendidikan Nasional. Jurnal Dirosah Islamiyah, 4(2), 220–231. Https://Doi.Org/10.47467/Jdi.V4i2.899

Hasanah, M., & Sari, R. (2022). Efektivitas PPL II Secara Daring Dalam Kesiapan Mahasiswa Menjadi Guru Di FKIP ULM (Studi Kasus Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Angkatan 2018). EQIEN: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 11(3), 1076–1082.

Hidayat, T., & Asyafah, A. (2019). Konsep Dasar Evaluasi Dan Implikasinya Dalam Evaluasi. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 10(I), 159–181.

I Putu Suardipa, K. H. (2020). Peran Desain Evaluasi Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Pendidikan, 9.

Idrus L. (2019). Evaluasi Dalam Proses Pembelajaran. Manajemen Pendidikan Islam, 1, 1–16.

Juliastuti, & Anriani, N. (2022). Evaluasi Program Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Dengan Model CIPP Mahasiswa Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan (FTIK). Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 8(4), 1328–1344.

Kadang, J., & Sastrawan, E. (2023). Tahapan Evaluasi Mengenai Kegiatan Kewirausahaan Rn Store. NGABDI: Scientific Journal Of …, 1, 33–42.

Kharisma, R. (2020). Evaluasi Strategik Kepala Sekolah Demi Tercapainya Tujuan Lembaga Pendidikan. Leadership: Jurnal Mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 200. Https://Doi.Org/10.32478/Leadership.V1i2.446

Kristiawan, M. (2019). Supervisi Pendidikan (M. Pd. Dr. Yuyun Yuniarsih, S.Pd., Ed.). Alfabeta, Cv Jl. Gegerkalong Hilir No. 84 Bandung Telp. (022) 200 8822 Fax. (022) 2020 373 Website: www.Cvalfabeta.Com Email: Alfabetabdg@Yahoo.Co.Id.

Kristina Pae, Hendra Wijaya, & Jati, I. R. A. P. (2022). Evaluasi Ketercapaian Tujuan Dan Dampak Pelaksanaan Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka Di Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya. Jurnal Pendidikan, 23(1), 1–15. Https://Doi.Org/10.33830/Jp.V23i1.2595.2022

Matondang, Z., & Sitompul, H. (2021). Evaluation Of Field Practices Of Building Education Program. International Journal Of Education In Mathematics, Science And Technology, 9(4), 684–696. Https://Doi.Org/10.46328/Ijemst.2045

Megawati, R., & Kawatu, P. J. (2019). Kompentensi Sosial Dan Kompetensi Kepribadian Mahasiswa Ppl Program Studi Pendidikan Biologi Tahun Akademik 2018/2019. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 5(2), 5. Https://Doi.Org/10.58258/Jime.V5i2.751

Mikhael, Sofiana Haul, Dan Yosef Firman Narutl. (2021). Di Sekolah Dasar (The Implementation Of Environmental Awareness Character Education In Elementary Schools) Sofiana Haul; Yosef Firman Narut; Mikael Nardi Pendahuluan Pendidikan Adalah Suatu Usaha Memanusiakan Manusia, Dan Merupakan Hal Yang Terpentin. Jurnal Literasi Pendidikan Dasar, 2(1), 47–58.

Mokere, R. M. (2021). Pendampingan Mahasiswa PPL Dalam Pengembangan Media Dan Strategi Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19. LOSARI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 64–70. Https://Doi.Org/10.53860/Losari.V3i2.69

Moonti, U., Hafid, R., & Habibullah, N. S. (2018). Pengaruh Praktik Pengalaman Lapangan (Ppl) Terhadap Penguasaan Kompetensi Guru Pada Mahasiswa Angkatan 2018 Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo. Journal Of Cahaya Mandalika Vol.2, No. 1, Juni. 140-145, 2(1), 140–145.

Mukhtar, A. A. (2022). Evaluasi Pembelajaran (A. H. S. Dan M. Asrul, Ed.; 1st Ed., Vol. 1).

Pewangi, M., Ferdinan, F., Alamsyah, A., & Pratama, S. (2022). Evaluasi Program Penjaminan Mutu Standar Isi Pembelajaran Pada Tahapan Masukan (Antecedents) (Suatu Pendekatan Model Stake’s Countenance Evaluatif Di Universitas Muhammadiyah Makassar). Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 10(1), 97–114. Https://Doi.Org/10.30603/Tjmpi.V10i1.2529

Putri, N., Octofrezi, P., Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, P., & Tinggi Agama Islam Masjid Syuhada Yogyakarta, S. (2023a). Implementasi Praktik Pengalaman Lapangan Pada Mahasiswa Pendidikan Agama Islam Sekolah Tinggi Agama Islam Masjid Syuhada Yogyakarta (Vol. 12, Issue 1).

Putri, N., Octofrezi, P., Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, P., & Tinggi Agama Islam Masjid Syuhada Yogyakarta, S. (2023b). Implementasi Praktik Pengalaman Lapangan Pada Mahasiswa Pendidikan Agama Islam Sekolah Tinggi Agama Islam Masjid Syuhada Yogyakarta (Vol. 12, Issue 1).

Rhamayanti, Y. (2018). Pengaruh Keterampilan Mengajar Terhadap Mahasiswa (PPL) Prodi Pendidikan Matematika. EKSAKTA Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran MIPA, 3(1), 65–72.

Roekistina, D. (2022). Program Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (Ppl) Di Upt Sd Negeri 060961 Belawan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 69–75.

Rusmayani. (2019). Evaluasi Efektifitas Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Mahasiswa Stai Denpasar Bali Tahun 2018. Widya Balina, 4(1), 45–53.

Saiful Bahri, M., & Pembelajaran, E. (2023). Problematika Evaluasi Pembelajaran Dalam Mencapai Tujuan Pendidikan Di Masa Merdeka Belajar Kata Kunci (Vol. 6, Issue 4).

Samsuar, Hamama, S. F., & Hallaby, S. F. (2019). Analisis Kesulitan Yang Dihadapi Mahasiswa FKIP Biologi Universitas Abulyatama Selama Pelaksanaan PPL Pada Aspek Masalah Pribadi. Jurnal Dedikasi Pendidikan, 3(2), 91–97.

Savitri, D. I. (2020). Tantangan Mahasiswa Calon Guru Sd Universitas Borneo. Jurnal Pendidikan Dasar Borneo (Judikdas Borneo), 02(1), 10–17.

Sekolah Tinggi Agama Buddha (STAB) Kertarajasa. (2020). Pedoman Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) (1st Ed., Vol. 1).

Simanjuntak, R. (2020a). Pentingnya Memahami Model-Model Perencaanaan Pembelajaran Dan Penerapannya Dalam Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) Mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Agama Kristen Sekolah Tinggi Teologia Nazarene Indonesia Yogyakarta. Sanctum Domine: Jurnal Teologi, 8(2), 21–44. Https://Doi.Org/10.46495/Sdjt.V8i2.49

Simanjuntak, R. (2020b). Pentingnya Memahami Model-Model Perencaanaan Pembelajaran Dan Penerapannya Dalam Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) Mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Agama Kristen Sekolah Tinggi Teologia Nazarene Indonesia Yogyakarta. Sanctum Domine: Jurnal Teologi, 8(2), 21–44. Https://Doi.Org/10.46495/Sdjt.V8i2.49

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif (Setiyawami, Ed.; 3rd Ed.). Alfabeta, Cv Jl. Gegerkalong Hilir No. 84 Bandung Telp. (022) 200 8822 Fax. (022) 2020 373 Website: www.Cvalfabeta.Com Email: Alfabetabdg@Yahoo.Co.Id.

Yusuf, K. (2019). Kontribusi Guru Pamong, Dosen Pembimbing Dan Kepala Sekolah Terhadap Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Mahasiswa PJKR Di Sekolah Latihan (Muh. Yusuf Dan Karlina Dwijayanti). Jurnal Ilmiah Penjas, 5(1), 1–13.